Mendirikan PT Mudah dan Prosesnya Lebih Cepat

by - May 04, 2020



Mendirikan PT mudah dan prosesnya lebih cepat. Sebuah PT sudah sah menjadi badan hukum dan dapat melakukan tindakan hukum yang terpisah dari pendiri/pemiliknya terhitung sejak terbitnya Surat Keputusan Persetujuan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM atas akta pendirian PT (SK Kemenkumham).

Proses mulai dari notaris mengajukan permohonan pengesahan akta pendirian dan anggaran dasar PT sampai dengan terbitnya SK Kemenkumham bisa selesai hanya dalam waktu 1 hari. Sementara untuk perusahaan yang bukan berbadan hukum, perlu untuk mendaftarkan akta pendiriannya ke pengadilan negeri setempat.

Mengenai besarnya modal untuk pendirian PT yang selama ini kerap jadi kendala bagi startup dan UKM, pemerintah telah mencarikan jalan keluarnya. Dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT), modal dasar PT minimal Rp50 juta, dan 25% harus sudah ditempatkan dan disetor penuh. Oleh sebab itu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2016 Tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas. Dengan terbitnya peraturan pemerintah ini, besarnya modal untuk mendirikan PT diserahkan pada kesepakatan para pendiri.

Selain peraturan di atas, pemerintah juga melakukan revolusi perizinan berusaha dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau yang lebih dikenal dengan Online Single Submission (OSS). Setelah selesai mendirikan PT, kini pelaku usaha hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengurus izin usaha sehingga mereka bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnisnya.

Jasa Pendirian PT, CV, Yayasan, Virtual Office #KoloniOffice
Tel. (021) 2120 3695
WA. 0813-1199-9661
Email: admin@virtualofficejakarta.city
www.virtualofficejakartapusat.co.id